Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Raja Ampat Ratunya Wisata Bahari

Written By Unknown on Senin, 03 November 2014 | 13.00

Raja Ampat Ratunya Wisata Bahari: Salah satu tempat  Pariwisata di Indonesia yang sering sekali disebut sebut sebagai surganya wisata bahari di bumi pertiwi adalah Raja Ampat, keindahan alam bawah laut dengan berbagai macam jenis biota laut yang hidup di perairan ini sangat menarik minat para wisatawan yang datang ke tempat ini untuk melakukan penyelaman. Pantai atau perairan yang ada di kepulauan Raja Ampat ini menurut beberapa sumber yang melakukan survei dan observasi menilai wilayah ini mempunyai sekitar 500 lebih jenis karang dan membentuk gugusan karang terbaik di Nusantara.

Hamparan trumbu karang di kepulauan Raja Ampat ini telah menjadi magnet yang mengundang rasa penasaran para tourist yang menggemari wisata alam atau wisata bahari untuk menikmati keindahan alam bawah laut dengan aneka ragam biota yang hidup disekitarnya. Menurut sebuah penelitian di perairan Raja Ampat selain memiliki lima ratus lenih jenis karang serta trumbu karang yang mempesonakan mata serta kondisinya sangat baik, disekitarnya itu hidup sekitar seribu lebih jenis ikan karang, bahkan jika anda cukup beruntung saat penyelaman mungkin bisa melihat spesies kuda laut katai yang unik dan termasuk biota langka.



Ada beberapa titik atau lokasi yang biasa menjadi tempat tujuan para pelancong untuk diving yaitu di Manta Point yang berlokasi diantara pulau Bantara dan selat Dampier, di salah satu lokasi penyelaman di kepulauan Raja Ampat ini anda bisa menikmati pengalaman menyelam sambil ditemani ikan Pari Manta yang cukup jinak dan sangat familier dengan kehadiran manusia di sekitarnya. Selain keindahan alam bawah laut, ketika anda berlibur di daerah wisata Raja Ampat pasti akan terkagum kagum dengan keindahan wayag yaitu gugusan batu - batu vulkanik yang menyembul dari dasar lautan dan muncul ke permukaan  seperti nusa yang kecil kecil.

Jika anda berdomisili di pulau Jawa, untuk mengunjungi tempat wisata Raja Ampat yang berada di Provinsi Papua Barat sudah pasti harus menggunakan jalur udara. Anda bisa memilih maskapai penerbangan nasional rute Jakarta - Sorong kira - kira memakan waktu 4 jam lebih. Dari Sorong selanjutnya kita menuju Waisai/ibu kota Kabupaten Raja Ampat dengan menggunakan Kapal Feri Perintis atau Kapal Wisata, atau speedboat, penyebangan lautan ini dapat ditempuh dalam 2 jam lebih.

Untuk lebih aman dan nyamannya menikmati liburan di salah satu tempat wisata Indonesia bagian Timur ini memang alangkah lebih baiknya jika kita memilih agen perjalanan wisata yang ada kepulauan Raja Ampat denga guide tour yang profesional. Sebenarnya disinipun banyak sekali para guide - guide domestik yang siap memandu kita untuk menikmati tempat - lokasi wisata yang indah yang ada di Raja Ampat, guide lokal ini biasanya mempunyai pekerjaan tetap sebagai nelayan, dan pada saat banyak wisatawan yang datang ke daerahnya, serta mereka libur mencari ikan, mereka menjual jasa sebagai guide wisata.

Memang untuk menikmati keindahan wisata bawah laut di kepulauan Raja Ampat ini tidak bisa dikatakan murah bagi kita yang tinggal jauh dari Papua. Selain butuh biaya penerbangan dengan tarif khusus wisata, mahalnya bahan bakar di tempat ini membuat biaya akomodasi transportasi cukup membengkak. Untuk mengunjungi Raja Ampat yang merupakan ratunya tempat wisata Indonesia bagian Timur ini kita harus merogoh kocek tidak kurang dari 10 juta, dengan asumsi tanpa membeli oleh - oleh atau cendera mata seperti ukiran patung suku asmat atau kain tradisional setempat. Namun untuk sebuah kepuasan wisata dan pengalaman hidup yang menakjubkan yang membuat kita bersimpuh memuji kebesaranNya, Sang Pancipta Alam Semesta...harga mahal menjadi absurd, pengorbanan materi yang pantas untuk sebuah kepuasan bathin. Pariwisata di Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar