Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Pesona Kaldera Gunung Bromo

Written By Unknown on Selasa, 11 November 2014 | 12.24

Gunung Bromo, salah satu gunung berapi ini sangat populer dibanding gunung lainnya yang ada di Jawa Timur, gunung yang masuk wilayah empat kabupaten ini memang sangat populer di kalangan para wisatawan. Keindahan panorama alamnya telah memukau para pendatang yang berlibur di tempat ini,bukan hanya lontaran decak kagum saat mereka manapakan kaki salah satu Tempat Wisata di Indonesia ini, dari puncak gunung Pananjakan mereka tak menyia-nyiakan kesempatan untuk mengabadikan moment matahari muncul dari ufuk Timur, dari puncak Gunung Bromo penomena alam sunset dan sunrise memang terasa lebih indah dipandang mata.


Wisata Gunung Bromo yang termasuk kawasan Taman Nasional Bromo Tengger memang merupakan salah satu objek wisata di Indonesia yang cukup terkenal khususnya di Jawa Timur, gunung yang mempunyai ketinggian 2392 meter dpl ini memang mempunyai keistimewaan tersendiri. Hamparan pasir yang sangat luas/kaldera , serta lembah yang ditumbuhi pepohonan berusia ratusan tahun semakin menambah keelokan wisata alam ini.





Dan jika anda beruntung ketika melakukan liburan di Gunung Bromo bertepatan dengan perayaan upacara Kasodo yang dilaksanakan oleh suku Tengger, masyarakat asli suku Tengger yang hidup di seputar kaki gunung setiap setahun sekali melakukan upacara kepercayaan sebagai bentuk pengabdian dan tolak bala dengan melakukan ritual dimulai dari pura yang berada di kaki gunung dan puncaknya dilakukan di atas gunung. Perayaan yang dilakukan pada saat bulan purnama di bulan ke sepuluh penanggalan kalender Jawa ini dilakukan sejak malam dan berakhir sampai pagi harinnya. Sungguh sebuah pengalaman yang takan terlupakan melihat iring - iringan masyarakat suku Tengger yang menuju puncak Gunung Bromo untuk melemparkan hasil bumi seperti padi dan palawija bahkan uang ke dalam kawah.


Untuk mencapai objek wisata Gunung Bromo ada beberapa pintu masuk yang bisa anda pilih tergantung dari kota mana anda berangkat. Jika berangkat dari kota Malang – Purwodadi – Nongkojajar – Tosari – Wonokitri – Penanjakan, seandainya anda berencana ke Gunung Bromo ini dari kota Pasuruan – Warung Dowo – Tosari – Wonokitri – Gunung Bromo, dari Pasuruan inipun anda bisa menunju objek wisata ini via Wonokitri-Gunung Bromo. Selain lewat Purwodadi dari Malang bisa lewat Tumpang – Gubuk Klakah – Jemplang – Gunung Bromo.


Banyak mobil sewaan, ojek motor ataupun kuda yang bisa anda sewa untuk menuju kawasan wisata gunung Bromo ini. Sebaiknya anda telah mempersiapkan untuk membawa atau membeli makanan, minuman atau cemilan lainnya di kaki gunung Bromo sebab di puncak gunung tidak tersedia penjual makanan ataupun warung makan. Tempat Wisata Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar